20.08
0

Mencuci sayur sebelum dipotong
Kebiasaan salah yang sering dilakukan oleh para ibu yaitu memotong sayur terlebih dahulu baru mencucinya. Biasanya kebiasaan ini dilakukan karena kebanyakan dari mereka tidak ingin repot membersihkan sayuran dengan wadah besar. Tapi tahukah Anda, jika sayuran yang telah dipotong baru kemudian dicuci justru malah membuang mineral yang terkandung dalam sayuran. Hal ini jelas lebih merugikan, beberapa persen kandungan mineralnya akan terbuang saat Anda mencucinya di air mengalir.
Usahakan cuci sayuran sebelum Anda memotongnya, meskipun repot namun ada beberapa keuntungan yang didapat, antara lain sayuran tidak hanya lebih bersih, tangan Anda pun juga akan lebih bersih, jadi ketika Anda mulai memotongnya sayuran tidak menjadi kotor. Setelah itu tanpa harus dicuci lagi, langsung dimasak agar kandungan zatnya tidak hilang saat dicuci.
Mencuci dengan air mengalir
Mencuci sayuran segar sebaiknya sebelum dipotong dan lakukan di bawah air mengalir. Dengan mencuci di air mengalir maka zat kimia yang terdapat pada sayuran akan larut terbawa air. Sebaiknya hindari mencuci dengan direndam, karena bakteri dan kuman bisa kembali lagi.
Kupas sayuran dengan benar
Kupaslah kulit bahan sayuran dengan benar menggunakan pisau. Sayuran yang perlu dikupas antara lain yang berupa umbi atau buah misal mentimun, kentang, labu, terung dan lain-lain.
Jangan cuci sayuran terlalu lama
Terlalu lama mencuci sayuran atau diremas-remas hingga sayuran layu bukan cara yang tepat, karena sayuran itu bukan menjadi bersih tapi justru kandungan yang terdapat dalam sayuran bisa hilang karena terlalu ekstra mencuci.
Khusus lalapan
Untuk jenis sayuran yang dikonsumsi mentah sebagai lalapan, kupas dengan bersih dan untuk sayuran seperti selada atau kol dicuci per lembar di bawah air mengalir dan bilas dengan air hangat.

Sumber: Pipit

0 komentar:

Posting Komentar