21.10
0
  1. Sering-sering membasuh muka dan sabun dengan air, sebab kulit muka banyak berminyak. Minyak yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori2 wajah dan akhirnya timbul jerawat.
  2. Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan, (kalau naik sepeda motor pakai cadar atau helm yang ada tutup kacanya atau pakai kedua-duanya sekalian supaya muka tidak kena asap mobil dan motor)
  3. Jangan makan makanan yang pedas-pedas (merica atau cabe) dan jangan banyak makan makanan berlemak
  4. Kebanyakan masalah jerawat itu karena alergi daging ayam dan telur. Hindari makan telur terlalu sering. 
  5. Jerawat jangan dipencet-pencet. Kalau dipencet biasanya meninggalkan noda-noda hitam dan bopeng pada waja.
  6. Jangan stress. Stress memacu timbulnya jerawat.
  7. Sering-sering olahraga. Panas tubuh akan membuka pori2 wajah dan mengeluarkan kotoran2 dari pori- pori wajah.
  8. Keramas usahakan shampo jangan kena wajah. Sebagian shampo (terutama yang pakai protein seperti telur dan madu etc itu jika kena kulit akan menimbulkan jerawat.
  9. Sebelum mandi bersihkan muka pakai air hangat dengan sabun dan dibilas.. Jangan pakai air panas, karena air panas dapat memecahkan pori-pori wajah, malah kulit wajah jadi merah-merah setengah melepuh kalau dibilas pakai air yang terlalu panas. Jangan dibilas dengan kasar pada tempat-tempat berjerawat, sebab akan menimbulkan luka dan akhirnya menimbulkan bopeng dan noda-noda hitam pada wajah.
  10. Selain perawatan dari dalam (makanan dijaga), perawatan dari luar banyak membantu, a.l. Sabun susu kambing, herbal ketimun, greentea, bangkuang dapat menolong.

By :Enny Hasan Koehler (diolah kembali)

0 komentar:

Posting Komentar