20.50
0
Tujuh Praktek Hidup Sehat untuk Kesehatan dan Umur Panjang:
  1. Tidur 7-8 jam. Mereka yang tidur melebihi atau kurang secara meyakinkan dari ini mengalami peningkatan 60 sampai 70 % resiko mati dalam jangka waktu sembilan tahun.
  2. Tidak makan di antara waktu makan. Sekali-sekali, jarang atau tidak pernah.
  3. Sarapan pagi dengan teratur. Sarapan pagi itu sendiri meningkatkan umur panjang. Mereka yang tidak sarapan dengan teratur akan meningkatkan 50% resiko kematian dibandingkan dengan mereka yang makan pagi secara teratur. Manfaat Sarapan pagi antara lain: Mengatasi masalah lebih baik, Meningkatkan daya ingat, Meningkatkan lancarnya pengucapan, Meningkatkan daya perhatian yang lebih lama, Bersikap lebih baik, Mempunyai nilai sekolah/prestasi yang lebih baik.
  4. Menjaga berat badan yang tepat.  Jika berat badan seorang lebih 20% diatas berat badan idealnya (Tinggi badan – 100, toleransi 10%), maka orang itu kegendutan. Ia akan beresiko 3 kali lebih besar mendapat serangan jantung, 6 kali lebih besar resiko kanker kolon, rektum dan prostat bagi pria. Meningkat resiko kanker cervix, uterus dan ovari bagi wanita.
  5. 0lah raga secara teratur. Manfaat olah raga ialah: Lebih banyak tenaga pribadi, Kurang depresi, Pencernaan lebih baik dan kurang sembelit, Tulang-tulang makin kuat, Tidur lebih banyak, Mengurangi resiko beberapa penyakit kanker
  6. Hindari Alkohol. Kemampuan tubuh untuk menyerang bakteri dan virus berkurang sompai 76% walaupun hanya minuman ringan dua kali (dianjurkan untuk tidak menggunakan alkohol). Peminum berat alkohol meningkatkan resiko kanker mulut, tenggorokan, saluran pernafasan, hati, payudara, dan dubur. Penelitian terakhir mendapati bahwa menggunakan alkohol meningkatkan resiko AIDS.
  7. Tidak merokok. Tembakau adalah penyebab kanker nomor satu di Amerika Serikat dan di banyak bagian dunia lainnya. Secara umum diperkirakan 400.000 orang Amerika mati dari semua penyakit yang disebabkan oleh merokok setiap tahun, dengan pengeluaran biaya perawatan setiap tahun 50 milyar dollar. Di seluruh dunia kematian tiap tahun akibat merokok sekitar 3 juta orang. Ini sama dengan satu orang mati setiap 10 detik. Semua kematian ini tidak akan terjadi kalau setiap orang mengadakan pilihan yang benar bagi kehidupan dan kesehatan.
Sumber: berbagai milis

0 komentar:

Posting Komentar