17.24
0

Pada dasarnya kebebasan financial adalah suatu keadaan dimana seseorang telah berhasil untuk mendapatkan sejumlah kekayaan yang cukup, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya serta keluarganya untuk masa sepanjang hidupnya. Keadaan ini dapat  juga digambarkan dengan tidak perlunya seseorang bekerja lagi dan dia dapat pemasukan dari kekayaannya, atau uang nya lah yang bekerja untuk dirinya. 

Bagi banyak orang keadaan ini ingin dicapai pada saat mereka memasuki masa pensión. Di dalam kehidupan nyata, hal ini akan terasa sulit untuk dicapai, karena waktu yang terbatas, dan pendapatan selalu habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Keadaan kebebasan financial, juga tidak berarti hanya orang kaya saja yang dapat mewujudkannya, setiap orang dapat mewujudkannya, yang perlu dilakukan oleh orang yang ingin mencapainya adalah dengan melakukan perencanaan yang tepat dan berdisipline dengan perencanaan yang telah dibuatnya. 

So bagaimana cara memulai untuk menuju kebebasan financial?

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melenyapkan hutang-hutang yang anda miliki. Tidak ada gunanya anda berinvestasi jika anda masih memiliki hutang. Tetapi, hutang di sini perlu dibedakan mana hutang yang konsumtif dan mana hutang yang produktif. Contohnya hutang pada kartu kredit merupakan kredit yang konsumtif, karena hanya akan menambah beban kita dengan timbulnya biaya bunga yang tinggi serta biasanya kartu kredit digunakan untuk membeli barang yang konsumtif, yang tidak memberikan nilai tambah untuk hidup kita. 

Sedangkan contoh dari hutang produktif adalah membeli rumah secara kredit. Setiap orang butuh rumah, sedangkan harga rumah mahal, maka membeli rumah secara kredit merupakan cara yang terbaik, dan juga harga rumah juga akan selalu mengalami kenaikan. Tetapi membeli rumah secara kredit juga menimbulkan resiko, contohnya gagal bayar kredit sehingga anda dapat kehilangan rumah anda dan kehilangan sejumlah uang yang telah anda bayarkan. Sehingga agar hal ini tidak  terjadi dimasa yang akan datang, yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan dana darurat.

Maka, sebelum anda berpikir untuk mencicil rumah, anda perlu menyiapkan dana darurat, yang dapat membantu anda  apabila terjadi sesuatu pada anda seperti phk, dls. Besarnya dana darurat tergantung dari kebutuhan hidup anda. Biasanya untuk orang yang single, besarnya dana darurat adalah sebesar 3 kali biaya hidup sebulan, sedangkan untuk orang yang telah berkeluarga diperlukan 6 kali biaya hidup sebulan. 

Langkah selanjutnya setelah anda tidak punya hutang dan memiliki dana darurat, adalah memiliki perlindungan. Terutama jika anda telah berkeluarga, anda perlu memiliki asuransi untuk menjamin kehidupan keluarga anda berjalan dengan baik, apabila terjadi sesuatu pada anda. Bagaimana menghitung uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan, adalah dengan membagi antara berapa besar penghasilan anda dengan suku bunga bank indonesia sebagai return minimal yang bisa didapatkan. Contohnya adalah bila gaji anda sebesar Rp. 10 juta dan suku bunga SBI adalah sebesar 0.73% maka, uang pertanggungan yang anda butuhkan adalah sebesar Rp. 1,3 millyar.

Perlindungan lainnya yang harus anda dapatkan adalah perlindungan kesehatan. Mengingat biaya obat dan kesehatan merupakan hal yang mahal. Dan akan sangat sulit, bagi anda, ketika anda sakit masih dibebani oleh biaya pengobatan yang mahal. Tetapi, hal ini dapat dilupakan apabila, perusahaan tempat anda bekerja telah memberikan tunjangan kesehatan kepada anda serta keluarga. 

Setelah hutang konsumsi telah terbayarkan, punya dana darurat serta asuransi, maka telah tiba saatnya untuk berinvestasi. Karena bertujuan untuk mencapai kebebasan financial, maka investasi disini merupakan tujuan jangka panjang. Sehingga uang yang disimpan disini akan disimpan untuk waktu yang lama. 

Instrumen investasi yang tepat untuk mencapai tujuan ini adalah saham. Walaupun saham dikenal sebagai instrumen investasi yang mempunyai resiko yang tinggi karena mempunyai volatilitas yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan stress. Tetapi sejarah telah membuktikan, bila dilakukan dalam jangka panjang, volatilitas itu akan bersifat positif, sehingga mampu menghasilkan return yang tinggi. 

Yang dapat dilakukan agar dapat terhindar dari resiko kenaikan atau penurunan harga adalah dengan menempatkan dana secara teratur. Sehingga ketika harganya murah anda dapat membeli banyak unit, dan ketika harganya naik anda membeli sedikit unit, perbedaan ini akan membuat asset yang anda punya memiliki harga yang stabil. 

Dengan melakukan ini secara disiplin, maka kebebasan financial dapat menjadi sesuatu yang mungkin terjadi pada diri anda.


Sumber: Berbagai Milis

0 komentar:

Posting Komentar